Jumat, 17 April 2020

Note Online Mulia tentris

 RESUME 6

Gegara Globe Berkamera Ini, Guru Muda Pelosok  Meraih INOBEL Tingkat Nasional







Pertemuan ke 6 kali ini kita akan belajar bersama seorang guru muda dari daerah Gunung Kidul. Beliau Bapak Tri Agus Cahyono, M.Pd,  lahir di Pacitan, 22 Agustus 1982. Keseharian bekerja sebagai guru di SD Negeri Belik Tepus Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Alamat rumah  RT. 01 RW. 03 Menadi,Pacitan Jawa Timur.

Segudang prestasi telah diraih diantaranya:
1. Guru Berdedikasi Daerah Khusus TK. Nasional Tahun 2016; 
2. Juara I Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran TK. Nasional Tahun 2016 kategori MIPA;
3. Penghargaan Short Course ke Jepang Tahun 2017;
4. Finalis Olimpiade Guru Nasional (OGN) TK. Nasional Guru Kelas SD Tahun 2018. 
5. Finalis Guru Berdedikasi TK Nasional SD 2019
Wah, banyak juga bukan prestasi- prestasi pemateri kali ini ? ( semoga kita juga meraih prestasi sebanyak itu).

Beliau yang sedikit pemalu, rendah hati dan berprestasi ini menyampaikan materi berikut .

Sesuai Tema nya "Karya Inovasi dan Kualitas Diri"
Pada hakikatnya sebuah karya inovasi adalah puncak dari proses belajar seseorang.
Sesuai taksonomi Bloom yg telah direvisi oleh Krathwool
Ada 6 tahapan berfikir kognitif yaitu:
1. Mengingat (C1)
2. Memahami (C2)
3. Menerapkan (C3)
4. Menganalis (C4)
5. Mengevaluasi (C5)
6. Menciptakan (C6)
Dalam taksonomi tersebut Karya inovasi adalah sebuah tahapan puncak dari proses berfikir.
Jadi ketika kita menginginkan sebuah karya inovasi yang baik, maka kita tidak boleh melewati tahapan2 tersebut.
Jangan sampai kita berinovasi tapi:
1. Tidak tahu ilmunya
2. Tidak paham maksudnya
3. Tidak pernah menggunakan
4. Tidak bisa menganalisis bagian2nya
5. Tidak bisa menilai kelebihan dan kekurangannya
Jadi intinya jika anda ingin menciptakan karya inovasi maka anda harus belajar menguasai materi keilmuan dari karya tersebut.
Ketika final lomba Karya Inobel yg dinilai bukan sekedar bagaimana karya tersebut atau karya tulisnya tetapi yg paling penting dan lebih utama adalah bagaimana penciptanya/inovatornya yg akan ditelisik oleh dewan juri melalui presentasi dan tanya-jawab.
Nah bagaimana cara kita belajar untuk meningkatkan kualitas diri dan sekaligus menciptakan sebuah karya inovasi adalah dengan bekerja.
Belajar kita lakukan pada saat mengajar
Cara belajar paling baik adalah dengan mengajar
Pertanyaan-pertanyaan di pertemuan ini diantaranya:
Apa yg membuat bpk tertarik melakukan inovasi pemeblajaran di kelas bpk?
Ketika kita berC1 sd C5 ada sebuah ketika puasan
Setelah kita belajar, mengingat, memahaminya, menerapkannya, menganalisisnya, kita pasti mengevaluasinya (kekurangan dan kelebihan)
Disitulah rasa ketidakpuasan akan muncul
Dan daya cipta kita sebagai manusia ( kreativitas) akan muncul
Nah sekarang bagaimana kita memilih bidang yang akan kita buat inovasinya.
Kuncinya "APIK" (saya kutip dari Pak Arif Edi)
1. Asli (jangan menjiplak)
2. Perlu (benar2 dibutuhkan)
3. Inovative
4. Konsisten
Ketika kita berC1 sd C5 ada sebuah ketika puasan
Setelah kita belajar, mengingat, memahaminya, menerapkannya, menganalisisnya, kita pasti mengevaluasinya (kekurangan dan kelebihan)
Dan daya cipta kita sebagai manusia ( kreativitas) akan muncul
Disitulah rasa ketidakpuasan akan muncul
Nah sekarang bagaimana kita memilih bidang yg akan kita buat inovasinya.
Kuncinya "APIK" (saya kutip dari Pak Arif Edi)
1. Asli (jangan menjiplak)
2. Perlu (benar2 dibutuhkan)
3. Inovative
4. Konsisten

Ok, sekarang saya berikan contoh karya inovasi kami yg mendapatkan penghargaan inobel 2016
Namanya media "Planetarium Bekam"
Media ini adalah hasil dari ketidak puasan terhadap media konvensional yg selama ini kami gunakan yaitu globe



  

 

Bertahun – tahun menggunakan globe hasilnya selalu biasa-biasa saja
Anak tidak tertarik/kurang termotivasi dan prestasi belajar kurang memuaskan
Prestasi kurang lebih disebabkan kurangnya motivasi
Motivasi rendah lebih disebabkan materi bukan pada zona motivasi (jangkauan anak)
Zona motivasi anak itu adalah sesuatu yg menantang namun bisa dikerjakan
Jadi jika materi terlalu sulit dan terlalu mudah maka dipastikan anak kurang termotivasi
Ketika menggunakan globe dalam pembelajaran IPA untuk menerangkan materi pergerakan Bumi & Bulan, anak dipaksa berfikir sangat abstrak
Jadi penasaran dengan media ini
Fungsi media ini adalah mempermudah observasi
Ketika anak memperbandingkan globe yg diperagakan dengan lampu senter dan mengakomodasikan dengan kejadian sebenarnya antara Bumi, matahari, dan bulan sangat sulit.
Disinilah ketidakpuasan terhadap globe muncul
Kelebihan:
1. Model yg paling sesuai
2. Ada di sekolah
3. Mudah digunakan
4. ...dll
Kekurangan:
1. Tidak bisa menampilkan bagaimana kenampakan langit dari bumi saat diperagakan.
Meskipun anak kelas 6 sudah mampu berfikir abstrak namun kemampuan tersebut masih terbatas
Khusus pada gerak semu atau bukan gerak sebenarnya anak sangat kesulitan untuk menerima konsep tersebut.
Semisal Gerak semu harian matahari
Kita menyampaikan ke anak bahwa gerak semu harian matahari. Matahari tidak bergerak tetapi yg bergerak adalah bumi.
Pertanyaan selanjutnya dari peserta yaitu:
1 Apakah karya inobel yang juara mesti ada unsur TIK- nya...? Pak Azis guru di Demak
2. Boleh ceritakan  lebih dalm karya inovatif  yang pernah anda buat sampai dikenal  dan mendapat prestasimu itu?Pak Simon Kupang
3.Yang manakah  media / alat peraga yang lebih pertimbangkan  oleh dewan juri saat kita mengikuti lomba inobel apakah yang bersifat tradisional atau modern . Tentu dengan telah memperhatikan fungsi dan kegunaanya dlm pencapaian IPK siswa. Terimakasih.
Prihariyani _ Semarang
Beliau  menjawab pertanyaan satu- persatu:
Selamat malam Pak @Aziz Demak
Tidak selalu, tergantung kebutuhan. Karya manual sederhana namun idenya luar biasa akan dapat melebihi karya yg berbasis TIK
Selamat malam Pak Simon Kupang. Iya tentu akan kita bahas
Kelebihan dari sebuah karya bukanlah dari sifat modern atau tradisionalnya tetapi lebih kepada kebermanfaatan, ide, dan kemudahan untuk digunakan dan direplika oleh orang lain. Meskipun karya berbasis TIK kelihatan lebih keren tetapi sulit untuk ditiru dibuat oleh guru lain atau sulit diaplikasikan di daerah2 tertentu maka nilainya akan kurang.
Kelemahan globe tadi adalah tidak bisa menampilkan bagaimana gerak semu matahari
Sehingga menjadi sulit bagi anak
Maka anak akan lemah motivasinya untuk terus belajar
Itu kendala yg harus diselesaikan
Nah dimana saya dapat ide? Untuk menyelesaikan masalah tersebut
Bisa langsung dijelaskan untuk mengatasi kendalanya
saya coba  jelaskan lewat tulisan
aktifitas saya dengan kamera sangat tinggi
hampir setiap kegiatan saya rekam foto dan video
kerja sama guru dan kepsek  di sekolah melihat  dan mendukung prestasi saya
mereka adalah rekan yang luar biasa, sangat mendukung dan membantu saya dalam mengikuti kegiatan2 di luar sekolah
ketika kita merekam video dengan kamera action cam misalnya
kita menggunakannya dalam kondisi bergerak
: maka ketika kita memutar videonya
hasilnya benda yang kita shot kelihatan bergerak padahal aslinya tidak bergerak
dan kamera merupakan alat optik yang menyerupai kinerja mata
saya mempunyai ide memasang kamera pada globe sebagai pengganti mata kita
5.Selamat Malam...blhkah sy bertanya...dl sebelum ada tagline ttg INOVASI PEMBELAJARAN apkh di Indonesia kegiatan pembelajaran yg dilakukan guru2 sama sekali blm mengarah pd kegiatan Inovasi Pembelajaran ? Apkh seperti RA Kartini yg meminta gurunya yaitu Mbah Sholeh Darat utk mentranslate Al Quran dlm terjemahan bs d katakan sbg inovasi pembelajaran ? Td d katakan secara implisit bhw Globe sbg media pembelajaran pdhl antara media pembelajaran dan alat peraga itu tdk sama. Pak Beny Kediri
6. Mohon di jlskan perbedaan alat peraga dan media pembelajaran menurut bpk pemateri. Terimakasih.Pak Beny Kediri
Maaf P. Agus, mungkin ada gambar atau video inobelnya biar lebih jelas.
Agus Purwadi, Ponjong
Menurut saya Alat peraga  adalah bagian dari media
Itu ketika saya naik wahana cangkir (komedi putar) di Dufan
Perhatikan teko dalam video tersebut
Teko kondisi sebenarnya tidak bergerak
Tetapi dalam video bergerak
Keren banget  pasti siswanya  seneng dan motivasi akan timbul
Itulah yg bisa dimanfaatkan untuk menjelaskan gerak semu
Teko sebagai matahari sedangkan kamera adalah mata yg ada di bumi.Pak Jay: Ayo sesi tanya jawab bsa japri ke saya dulu biar semua pertanyaan bisa didokumentasikan dengan baik
Nah coba tonton video tersebut sambil tiduran berulang2
Dan jadikan HP Bapak/Ibu sebagai kenampakan langit
Teko akan muncul dari samping kiri ke kanan dan menghilang
Nah itu mirip dengan gerak semu harian matahari
: Maka kamera yg saya pasang harus bisa live menampilkan kenampakan langit
Nah saya berpikir bagaimana supaya hal tersebut bisa ditampilkan di kelas
Kamera saya hubungkan ke laptop dan saya hubungkan ke proyektor (LCD) saya sorotkan ke langit2 kelas
Maka jadilah planetarium bekam
Bekam = Globe berkamera
Cara menggunakan dalam pembelajaran seperti menggunakan globe biasa
Pertanyaan selanjutnya:

5.Pak agus saya mau tanya..saya kan guru fisika. Sebenarnya banyak karya inovatif yg bisa dibuat tp bila di sekolah alat praktikumnya sdh banyak, bagaimana caranya saya membuat karya inovatif tersebut? Sri indayani lamongan
Kunci Inovasi
1. Menemukan baru
2. Menyempurnakan yang lama
: Silahkan terapkan APIK tadi menurut kondisi anda sendiri
Minimalkan administrasi, lebih ke hal2 aplikatif dalam mengajar, ingat kita adalah guru, tugas utama kita mengajar, administrasi kebanyaka hanyalah formalitas jadi utamakan administrasi yg penting2 saja.
Pendaftaran inobel adalah melalui seleski karya tulis, maka buat karya tulis secara APIK. Judul yg menarik, segar/baru, berbeda dari yg lain dan tentu saja harus lolos uji smiliarity maksimal 30% turnitine
Karya tulisnya yg paling bagus adalah karya pengembangan (Research & design)
Kalau tidak bisa lebih baik bestpractise
Tidak perlu banyak fungsi tetapi berpengaruh dan mempunyai rentetan keberhasilan dalam menyelesaikan masalah
Kesimpulan dari pemateri kali ini yaitu:
Dalam berinovasi jangan memikirkan masalah yg bersumber dari luar seperti lingkungan sekolah, sarana dan prasarana, dll tetapi FOKUS pada KOMPETENSI DIRI itulah yg akan memudahkan kita menemukan hal2/ide penting yg membantu keberhasilan pembelajaran. Sehingga tidak hanya inobel yg kita dapat,.. OGN akan dapat, Gupres juga akan kita dapat. Jadi tingkatkan kualitas diri untuk karya yang berkualitas.

Sekian pertemuan hari ini dengan pemateri muda berprestasi. Semoga kita juga bisa menciptakan inovasi- inovasi pembelajaran yang luar biasa untuk dunia pendidikan. Semangat Bapak dan Ibu Guru!!


Peresume:

Mulia Tentris Luthfia Ervin
www.muliahouse.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mute Le: Puisi: Sedikit Pemikiran Waktu Pergantian

Mute Le: Puisi: Sedikit Pemikiran Waktu Pergantian : Logika Sesaat Terlihat di hadapan Begitu menjemukan Apa yang terlintas di luar sana ...