Merancang
Desain Pembelajaran Modern.
Bertemu lagi dengan
hari Selasa ya,
Alhamdulillah
pertemuan kali ini kita belajar bersama dengan Bapak Paidi
Dr Paidi dilahirkan di Bantul tanggal 1 Januari 1971. Alamat beliau jalan Timur Indah V No 39 RT. 19 Kelurahan Sidomulyo Kota Bengkulu.
Riwayat Pendidikan :
SD Tamat Tahun 1985 di SDN Banyumas Baru, SMP Tamat Tahun 1988 di SMPN 2 Bengkulu, SMA Tamat Tahun 1991 di SMEAN Bengkulu, S1 Tamat Tahun 1996 di Prodi S1 Pendidikan Akuntansi IKiP Padang, S2 Tamat tahun.. di Prodi S2 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Bengkulu dan S3 beliau Tamat Tahun 2019 di Prodi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.
Jabatan Beliu sekarang :
Kepala Sekolah SMKN 4! Bengkulu, Ketua MKKS SMK Kota Bengkulu dan jabatan terakhir sebagai Ketua MKKS SMK se Provinsi Bengkulu.
Ada pun Riwayat pekerjaan beliau adalah :
- Guru SMEAN Bengkulu Tahun 1996 s.d 1999
- Guru SMAN 2 Talo Tahun 1999 s.d 2003
- Guru SMKN 1 Bengkulu Tahun 2003 s.d 2018
- Dosen Luar Biasa Fakultas Teknik Muhammadiyah Bengkulu Tahun 2008 s.d 2014
- Dosen Pascasarjana TP UNIB Tahun 2019 sampai sekarang.
- Dosen Luar Biasa FISIP UNIB Tahun 2000 sampai sekarang.
-Tutor Universitas Terbuka UPB JJ Bengkulu Tahun 2011 Sampai sekarang.
-Asesor BAP SM Propinsi Bengkulu dari Tahun 2012 sampai dengan sekarang.
- Asesor LSP Telematika Tahun 2008 sampai sekarang.
-Ketua LSP SMKN 1 Bengkulu dari Tahun 2015 s.d 2018
- Anggota BKSP Propinsi Bengkulu Tahun 2015 sampai sekarang.
Publikasi Buku :
1. membuat Laporan keuangan dengan MyOB 19.6 " Edisi Perdana Tahun 2017. Diterbitkan oleh penerbit salemba IV Jakarta.
2. Membuat Laporan keuangan dengan MyOB
19.6 edisi 1 Tahun 2018. Diterbitkan oleh penerbit salemba IV JAKARTA.
3. Membuat Laporan keuangan dengan MyOB 19.6 Edisi II Tahun 2019 diterbitkan oleh penerbit salemba IV Jakarta.
4. Buku Ajar Simulasi Komunikasi Digital tingkat SMK/MAK kelas 10 tahun 2019 diterbitkan oleh penerbit ANDI Yogyakarta.
Jurnal Internasional beliau :
1.utilization Of Mobile Phones to Apply Blended Learning et Higher education :computer subject at State vokational hight School 1 Bengkulu oleh PAIDI & Basuki Wibawa Internasional Journal Enginering Tehnology (IJET),2018.
Banyak prestasi dan jabatan Beliu di kota Bengkulu dari seorang pendidik, kepala sekolah, Ketua para kepala sekolah di kota Bengkulu dan di Propinsi Bengkulu. Serta dosen dan Team Asesor dibeberpa Kampus.
Desain Pembelajaran Modern
Pembelajaran Modern adalah pembelajaran yang mengikuti perkembangan zaman, dimana era sekarang adalah era teknologi informasi. Pembelajaran Modern harus mampu menyerap informasi dari beragam sumber memahami dan mengsintesakannya dan lalu meraciknya menjadi satu pengetahuan baru yang powerful. Kecakapan dalam melakukan sintesa ini Tampaknya menjadi kian penting terutama ketika banjir informasi kian deras mengalir melalui beragam media: televisi, media cetak dan dunia online.
Teknologi pembelajaran Modern
Di era globalisasi dan komputerisasi metode pembelajaran tidak lagi bergantung pada seorang guru atau pun buku saja. Tetapi lebih kepada pengembangan potensi siswa dengan modal pembelajaran Modern seperti quatum teaching, quatum Learning, e Learning dan metode pembelajaran lainnya.
Pembelajaran merupakan bagian atau elemen yang memiliki peran sangat dominan untuk mewujudkan kualitas baik proses maupun output ( kelulusan) pendidikan. Pembelajaran sangat tergantung dari kemampuan seorang guru dalam proses pembelajaran.
Dalam kehidupan modern ini, sebaiknya kita memanfaatkan teknologi dengan bijaksana. Misalnya menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran dan memilih yang tepat.
Pertanyaan Pertanyaan juga saya melampirkan di resume ini antara lain :
Assalamualaikum pak,,saya Noralia Semarang.
Ijin bertanya,saya pernah melakukan penelitian R&D untuk tesis saya dulu, saya mengambil judul pengembangan modul pembelajaran. Dan itu saya penelitian hingga menjadi produk akhir yang bagus bisa sampai 6 bulan, padahal hanya untuk 1 bab materi ajar karena beberapa kali diujikan ke kelas besar shg dapat prototipe produk yang bagus.
pertanyaan saya,,untuk pengembangan bahan ajar seperti yang bapak laksanakan yg menghasilkan produk buku ajar untuk 1 tahun pelajaran, butuh berapa lama pak penelitiannya?
2. Apakah tiap bab materi ajar di buku ajar yang dikembangkan harus diujikan di kelas besar atau hanya kita ambil sampel salah satu materi ajar saja?
Untuk pertanyaan mas Supyanto, yang dimaksud TES Formatif disini adalah tes yang dibuat (modelnya bisa multiple choice, Essay dll) atas materi yang ada di bahan pembelajaran. Tes ini dibuat oleh si perancang buku yng sebeluamnya telah melalui telaah oleh pakar dan uji validitas maupun reabilitasnya. Sedangkan Tes Sumatif dalam konsep desain ini adalah penilaian oleh lembaga lain (eksternal) atas kelayakan bahan yang dibuat oleh si Perancang buku tsb. [N]
Yth.
Bapak DR. Paidi
Saya kirimkan pertanyaan yang belum sempat dijawab, sehubungan waktu yang telah selesai.
Pertanyaan sebagai berikut :
P12
Assalamualaikum bapak..
Saya Yudi Heriana Tantri dari Yogyakarta.
Maaf bapak sy mengajar d klas kecil.
Utk langkah 8 ttg kelas online.
Bagaimana cara melaksanakan kelas online utk anak² dg cara yg mudah dan sederhana.
Karena kami nyaknya kendalayg sering kami temui.
Mungkin bapak py punya strategi khusus utk siswa kelas kecil dlm pembelajaran kelas online.
Lalu bagaimana utk melakukan tes online dlm waktu yg bersamaan agar bisa mendapatkan hasil yg murni dari siswa
Terimakasih bapak..
P13
Selamat siang Pak Paidi.. kalau boleh tau apa nama aplikasi e learning nya. Kayaknya keren banget.
Ridwan Nurhadi
P14
Ass. pak Paidi... bolehkah diberikan contoh penerapan instruksional khusus dalam e-learning? Yulius Roma_Toraja.
P15
Mau tanya materi hr ini
1. Semua yg dijelaskan dan melalui ppt, bgm trik agar kita dpt dg mudah menyusun desain pembelajaran dengan baik dan menarik sehingga dpt ditulis dlm sebuah buku?
2. Dijelaskan bahwa ada 11 langkah dlm mendesain pembelajaran kok disitu dituliskan ada 11 langkah scr umum yg 3 lg yg mana ya penjelasannya?
3. Apa yg menarik dr pembelajaran blish ini sesuai dg hasil penelitian disini?
Trimakasih
P16
Assalamualaikum pak. bolehkah materi yang bapak sampaikan sekarang saya jadikan referensi penulisan buku?
P17
Assalamualaukum pak paidi. Salam kenal dari Karimun. Maaf mau nanya ni pak. Dalam blended learning ini, integrasi seperti apa yang bapak lakukan?
Rosmalinda, kepri
P18
Bolehkah ikutan membuat buku buat SMK yg outline nya dr erlangga? Mhn arahan
P19
Berarti pada intinya desain pembelajaran it untuk membuat buku yang baik ya..? Dengan kata lain untuk membuat buku ajar yg baik harus ada desain pembelajarany?
Dan desain pembelajaran it bisa menjadi sebuah buku ( buku ajar)?
Sekian resume dari Merancang Desain Pembelajaran Modern yang disampaikan oleh Bapak Kepala SMKN Bengkulu yaitu Bapak Dr Paidi.Semoga apa yang beliau sampaikan bermanfaat bagi kita semua.Aamiin.
Dr Paidi dilahirkan di Bantul tanggal 1 Januari 1971. Alamat beliau jalan Timur Indah V No 39 RT. 19 Kelurahan Sidomulyo Kota Bengkulu.
Riwayat Pendidikan :
SD Tamat Tahun 1985 di SDN Banyumas Baru, SMP Tamat Tahun 1988 di SMPN 2 Bengkulu, SMA Tamat Tahun 1991 di SMEAN Bengkulu, S1 Tamat Tahun 1996 di Prodi S1 Pendidikan Akuntansi IKiP Padang, S2 Tamat tahun.. di Prodi S2 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Bengkulu dan S3 beliau Tamat Tahun 2019 di Prodi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.
Jabatan Beliu sekarang :
Kepala Sekolah SMKN 4! Bengkulu, Ketua MKKS SMK Kota Bengkulu dan jabatan terakhir sebagai Ketua MKKS SMK se Provinsi Bengkulu.
Ada pun Riwayat pekerjaan beliau adalah :
- Guru SMEAN Bengkulu Tahun 1996 s.d 1999
- Guru SMAN 2 Talo Tahun 1999 s.d 2003
- Guru SMKN 1 Bengkulu Tahun 2003 s.d 2018
- Dosen Luar Biasa Fakultas Teknik Muhammadiyah Bengkulu Tahun 2008 s.d 2014
- Dosen Pascasarjana TP UNIB Tahun 2019 sampai sekarang.
- Dosen Luar Biasa FISIP UNIB Tahun 2000 sampai sekarang.
-Tutor Universitas Terbuka UPB JJ Bengkulu Tahun 2011 Sampai sekarang.
-Asesor BAP SM Propinsi Bengkulu dari Tahun 2012 sampai dengan sekarang.
- Asesor LSP Telematika Tahun 2008 sampai sekarang.
-Ketua LSP SMKN 1 Bengkulu dari Tahun 2015 s.d 2018
- Anggota BKSP Propinsi Bengkulu Tahun 2015 sampai sekarang.
Publikasi Buku :
1. membuat Laporan keuangan dengan MyOB 19.6 " Edisi Perdana Tahun 2017. Diterbitkan oleh penerbit salemba IV Jakarta.
2. Membuat Laporan keuangan dengan MyOB
19.6 edisi 1 Tahun 2018. Diterbitkan oleh penerbit salemba IV JAKARTA.
3. Membuat Laporan keuangan dengan MyOB 19.6 Edisi II Tahun 2019 diterbitkan oleh penerbit salemba IV Jakarta.
4. Buku Ajar Simulasi Komunikasi Digital tingkat SMK/MAK kelas 10 tahun 2019 diterbitkan oleh penerbit ANDI Yogyakarta.
Jurnal Internasional beliau :
1.utilization Of Mobile Phones to Apply Blended Learning et Higher education :computer subject at State vokational hight School 1 Bengkulu oleh PAIDI & Basuki Wibawa Internasional Journal Enginering Tehnology (IJET),2018.
Banyak prestasi dan jabatan Beliu di kota Bengkulu dari seorang pendidik, kepala sekolah, Ketua para kepala sekolah di kota Bengkulu dan di Propinsi Bengkulu. Serta dosen dan Team Asesor dibeberpa Kampus.
Desain Pembelajaran Modern
Pembelajaran Modern adalah pembelajaran yang mengikuti perkembangan zaman, dimana era sekarang adalah era teknologi informasi. Pembelajaran Modern harus mampu menyerap informasi dari beragam sumber memahami dan mengsintesakannya dan lalu meraciknya menjadi satu pengetahuan baru yang powerful. Kecakapan dalam melakukan sintesa ini Tampaknya menjadi kian penting terutama ketika banjir informasi kian deras mengalir melalui beragam media: televisi, media cetak dan dunia online.
Teknologi pembelajaran Modern
Di era globalisasi dan komputerisasi metode pembelajaran tidak lagi bergantung pada seorang guru atau pun buku saja. Tetapi lebih kepada pengembangan potensi siswa dengan modal pembelajaran Modern seperti quatum teaching, quatum Learning, e Learning dan metode pembelajaran lainnya.
Pembelajaran merupakan bagian atau elemen yang memiliki peran sangat dominan untuk mewujudkan kualitas baik proses maupun output ( kelulusan) pendidikan. Pembelajaran sangat tergantung dari kemampuan seorang guru dalam proses pembelajaran.
Dalam kehidupan modern ini, sebaiknya kita memanfaatkan teknologi dengan bijaksana. Misalnya menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran dan memilih yang tepat.
Pertanyaan Pertanyaan juga saya melampirkan di resume ini antara lain :
Assalamualaikum pak,,saya Noralia Semarang.
Ijin bertanya,saya pernah melakukan penelitian R&D untuk tesis saya dulu, saya mengambil judul pengembangan modul pembelajaran. Dan itu saya penelitian hingga menjadi produk akhir yang bagus bisa sampai 6 bulan, padahal hanya untuk 1 bab materi ajar karena beberapa kali diujikan ke kelas besar shg dapat prototipe produk yang bagus.
pertanyaan saya,,untuk pengembangan bahan ajar seperti yang bapak laksanakan yg menghasilkan produk buku ajar untuk 1 tahun pelajaran, butuh berapa lama pak penelitiannya?
2. Apakah tiap bab materi ajar di buku ajar yang dikembangkan harus diujikan di kelas besar atau hanya kita ambil sampel salah satu materi ajar saja?
Untuk pertanyaan mas Supyanto, yang dimaksud TES Formatif disini adalah tes yang dibuat (modelnya bisa multiple choice, Essay dll) atas materi yang ada di bahan pembelajaran. Tes ini dibuat oleh si perancang buku yng sebeluamnya telah melalui telaah oleh pakar dan uji validitas maupun reabilitasnya. Sedangkan Tes Sumatif dalam konsep desain ini adalah penilaian oleh lembaga lain (eksternal) atas kelayakan bahan yang dibuat oleh si Perancang buku tsb. [N]
Yth.
Bapak DR. Paidi
Saya kirimkan pertanyaan yang belum sempat dijawab, sehubungan waktu yang telah selesai.
Pertanyaan sebagai berikut :
P12
Assalamualaikum bapak..
Saya Yudi Heriana Tantri dari Yogyakarta.
Maaf bapak sy mengajar d klas kecil.
Utk langkah 8 ttg kelas online.
Bagaimana cara melaksanakan kelas online utk anak² dg cara yg mudah dan sederhana.
Karena kami nyaknya kendalayg sering kami temui.
Mungkin bapak py punya strategi khusus utk siswa kelas kecil dlm pembelajaran kelas online.
Lalu bagaimana utk melakukan tes online dlm waktu yg bersamaan agar bisa mendapatkan hasil yg murni dari siswa
Terimakasih bapak..
P13
Selamat siang Pak Paidi.. kalau boleh tau apa nama aplikasi e learning nya. Kayaknya keren banget.
Ridwan Nurhadi
P14
Ass. pak Paidi... bolehkah diberikan contoh penerapan instruksional khusus dalam e-learning? Yulius Roma_Toraja.
P15
Mau tanya materi hr ini
1. Semua yg dijelaskan dan melalui ppt, bgm trik agar kita dpt dg mudah menyusun desain pembelajaran dengan baik dan menarik sehingga dpt ditulis dlm sebuah buku?
2. Dijelaskan bahwa ada 11 langkah dlm mendesain pembelajaran kok disitu dituliskan ada 11 langkah scr umum yg 3 lg yg mana ya penjelasannya?
3. Apa yg menarik dr pembelajaran blish ini sesuai dg hasil penelitian disini?
Trimakasih
P16
Assalamualaikum pak. bolehkah materi yang bapak sampaikan sekarang saya jadikan referensi penulisan buku?
P17
Assalamualaukum pak paidi. Salam kenal dari Karimun. Maaf mau nanya ni pak. Dalam blended learning ini, integrasi seperti apa yang bapak lakukan?
Rosmalinda, kepri
P18
Bolehkah ikutan membuat buku buat SMK yg outline nya dr erlangga? Mhn arahan
P19
Berarti pada intinya desain pembelajaran it untuk membuat buku yang baik ya..? Dengan kata lain untuk membuat buku ajar yg baik harus ada desain pembelajarany?
Dan desain pembelajaran it bisa menjadi sebuah buku ( buku ajar)?
Sekian resume dari Merancang Desain Pembelajaran Modern yang disampaikan oleh Bapak Kepala SMKN Bengkulu yaitu Bapak Dr Paidi.Semoga apa yang beliau sampaikan bermanfaat bagi kita semua.Aamiin.
Mulia Tentris L.E
Tidak ada komentar:
Posting Komentar